Peserta BI FAST Bertambah 25 Bank, Biaya Transfer Antar Bank Hanya Rp 2.500

ilustrasi transfer antar bank (limaeasy.com)

SOLUSINEWS.ID – Mulai Senin (29/8/2022), peserta BI Fast bertambah 25 bank. Tamabahn itu membuat total bank peserta BI Fast 77 bank.

BI FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat selama 24 jam setiap pekan atau 7 hari.

Melalui layanan BI Fast payment maka menggantikan peran SKNBI yang selama ini digunakan sebagai wadah transaksi antar bank.

Bacaan Lainnya

BI juga menetapkan batas maksimal nominal transaksi BI FAST secara bertahap yaitu sebesar Rp 250 juta per transaksi, yang akan dievaluasi secara berkala.

Tahap awal, BI FAST diterapkan pada layanan transfer kredit individual yaitu perintah pemindahan dana dari satu nasabah pengirim ke satu nasabah penerima (one to one).
BI Fast adalah sistem pembayaran yang disediakan BI yang dapat diakses melalui aplikasi dalam memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Senin (29/8/2022), dalam gelombang ke-4 ini, BI menambah layanan kebanksentralan di bidang moneter, makroprudensial, serta sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah.

BI mengharapkan dukungan dan partisipasi seluruh Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk dapat memanfaatkan infrastruktur BI-FAST yang akan menjadi backbone infrastruktur sistem pembayaran ritel masa depan.

Berikut tambahan 25 bank peserta BI-FAST :

1. Bank BTPN
2. Bank Capital Indonesia
3. Bank CTBC
4. Bank ICBC Indonesia
5. Bank Index Selindo
6. Bank Jago UUS
7. Bank Jasa Jakarta
8. Bank Mayapada
9. Bank Mayora
10. Bank Muamalat
11. Bank Nagari UUS
12. Bank Neo Commerce
13. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
14. BPD DIY UUS
15. BPD Kalimantan Barat
16. BPD Kalimantan Barat UUS
17. BPD Kalimantan Selatan
18. BPD Kalimantan Selatan UUS
19. BPD Sumatera Barat
20. BPD Sumatera Selatan Bangka Belitung
21. BPD Sumatera Selatan Bangka Belitung UUS
22. Bank Seabank
23. Maybank Indonesia
24. Maybank Indonesia UUS
25. MNC Bank.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *