Sekarang Bikin Koperasi Bisa 9 Orang Saja

  • Whatsapp
ilustrasi (sumber foto: klikpajak.id)

SOLUSINEWS.ID – Dulu, salah satu syarat mendirikan koperasi butuh hingga 20 orang. Namun kini cukup 9 orang saja sudah bisa mendirikan koperasi.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang disahkan DPR RI pada 5 Oktober 2020 tentang Koperasi.

Bacaan Lainnya

Pada Pasal 6 (1) disebutkan Koperasi Primer dibentuk paling sedikit oleh 9 (sembilan) orang.

Sedangkan pada UU sebelumnya yaitu UU Nomor 25 tahun 1992 mengenai Perkoperasian, syarat pendirian Koperasi Primer dibentuk sekurang-kurangnya 20 orang.

Dalam UU Cipta Kerja tentang koperasi itu dituangkan dalam Bab V tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan, Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah.

Koperasi terdiri dari koperasi primer dan sekunder. Sementara jenisnya ada 4 yaitu koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi serba usaha, dan koperasi simpan pinjam

Selain itu, koperasi bisa didirikan dengan konsep syariah seperti tertuang dalam Pasal 44 dan Pasal 45.

Koperasi menurut Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berlandaskan atas asas kekeluargaan.

Pada Pasal 4 UU Nomor 25 tahun 1992 tersebut menjelaskan empat fungsi dan peran koperasi yaitu :

  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.(*)
solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *