Tenang Bestie, Beli Pertalite di SPBU Masih Boleh tanpa Aplikasi MyPertamina

SOLUSINEWS.ID – Pemerintah melalui Pertamina nantinya akan menerapkan pembelian BBM bersubsidi oleh masyarakat dengan syarat mampu menunjukkan QR code My Pertamina.

Untuk menunjukkan hal itu kepada petugas pengisian BBM di SPBU, setiap kendaraan bermotor yang akan diisi BBM harus terdaftar di aplikasi MyPertamina.

Apalagi, pemerintah telah menyesuaikan tarif BBM dengan cara menaikkan tarif BBM jenis Pertalite, Solar dan Pertamax, pada Sabtu (3/9/2022).

Bacaan Lainnya

Lalu bagaimana jika pengendara ingin mengisi BBM di SPBU namun kendaraannya belum terdaftar di MyPertamina ?

Tenang bestie, karena hingga saat ini masyarakat masih bisa membeli dan mengisi BBM di SPBU Pertamina tanpa harus memperlihatkan QR code MyPertamina.

Hal itu berdasarkan pernyataan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, yang dikutip di Detik.com, pasca naiknya harga Pertalite.

Irto menegaskan pembelian BBM Pertalite saat ini masih bisa dilakukan secara tunai di setiap SPBU tanpa lebih dulu harus menunjukkan QR Code MyPertamina.

“Pembelian masih seperti biasa,” katanya.

Sementara warga yang telah mendaftar di MyPertamina boleh mencoba Pertalite dengan menggunakan QR code MyPertamina masing-masing.

Namun, ia mengharapkan masyarakat tetap mendaftarkan diri melalui MyPertamina.

Ia menjelaskan Pertamina belum memberlakukan penggunaan QR code sebagai syarat dalam transaksi pembelian BBM subsidi di SPBU karena masih menunggu kebijakan dari pemerintah.

Termasuk menunggu hasil revisi Perpres 191/2014 terkait ketentuan masyarakat yang berhak menggunakan Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite.

Saat ini Pertamina masih fokus pada proses pendaftaran, sosialisasi, dan uji coba serta pengembangan sistem digitalisasi di SPBU.

Diantaranya melakukan sosialisasi kepada operator SPBU di lapangan agar masyarakat yang belum memiliki QR code saat ini masih dapat melakukan pembelian BBM subsidi.

Selain itu, pendaftaran untuk kendaraan roda empat pengguna BBM subsidi yakni Solar dan Pertalite juga masih terbuka melalui MyPertamina.

Untuk informasi lebih jelas mengenai program Subsidi Tepat BBM tersebut, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau mengakses website subsiditepat.mypertamina.id.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *