6 Tips Bisnis Pulsa untuk Pemula, Modal Kecil Untung Berlipat

  • Whatsapp
ilustrasi (foto: UNICEF/UNI304647/Ma)

SOLUSINEWS.ID – Saat ini tak lagi sulit untuk menjalankan atau memiliki usaha jualan pulsa. Pasalnya, sekarang bisnis pulsa bisa dijalankan dan dipasarkan secara online.

Dengan modal gadget atau ponsel, siapa saja bisa membuka kios pulsa dengan modal minim atau kecil.

Bacaan Lainnya

Cukup memiliki aplikasi online penyedia jasa pulsa all operator dan diisi deposit sebagai saldo maka usaha pulsa sudah bisa berjalan.

Peluang bisnis pulsa ini pun selalau terbuka karena di era digital saat ini pulsa atau voucher sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat.

Apalagi, jumlah pengguna ponsel (smartphone) terus bertambah setiap tahun. Segmen pasarnya pun luas. Mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Contoh, main game online butuh pulsa baik pulsa regular maupun data, beli voucher atau token listrik prabayar juga bisa diladeni dengan usaha pulsa online berpelatform PPOB (Payment Point Online Banking).

Jadi, jualan pulsa online di jaman now sudah begitu mudah dan segmennya pun makin luas seiring perubahan gaya dan kebiasaan hidup di era digital saat ini.

Bisnis pulsa saat ini di bukan lagi sekadar bisa menjual pulsa telepon atau paket data internet melalui ponsel tetapi juga bisa melayani pembelian listrik prabayar, hingga pembayaran PDAM dan BPJS.

Bagi pemula yang ingin memulai usaha jualan pulsa dan memiliki modal minim, ada baiknya tahu beberapa tips dan info seputar bisnis pulsa berikut ini :

1. Kios Fisik / kounter

Usaha pulsa tak mesti membuka kios atau kounter pulsa offline yang tentunya butuh biaya seperti ongkos membuat kounter atau menyewa tempat jualan.

Namun, tentu akan lebih bagus lagi bila ditunjang dengan tempat usaha atau kios offline meskipun ukurannya kecil dan sederhana.

2. Produk Terkait Pulsa

Dengan adanya tempat usaha fisik berupa kios pulsa, tambahan keuntungan bisa datang dari produk lain yang dipajang di dalam kios pulsa.

Seperti kartu perdana, voucher data gesek, dan sejumlah aksesori ponsel seperti kabel data, charger, powerbank, atau headset.

3. Hemat Belanja

Salah satu cara berhemat dalam memulai bisnis pulsa dengan modal minim yaitu memanfaatkan sumber daya yang ada.

Seperti gunakan smartphone milik sendiri dulu. Jika ingin memisahkan dengan ponsel pribadi, belilah smartphone bekas atau yang baru tapi yang murah.

Bila memiliki keuntungan lebih, barulah mempertimbangkan mengganti dengan ponsel baru.

Begitu juga perangkat atau sarana pendukung usaha pulsa, keluarkan biaya untuk membeli sesuai kebutuhan yang paling mendesak disaat Anda sudah menghasilkan keuntungan yang lebih.

4. Mulai Promosi dari Orang Terdekat

Mulailah melakukan promosi. Bisa melalui online seperti di media sosial, atau promosi mulut ke mulut dengan menyampaikan atau menawarkan langsung kepada orang-orang terdekat kamu yang ditemui.

5. Pilih aplikasi PPOB yang aman dan nyaman

Ada banyak aplikasi PPOB yang menyediakan sejumlah layanan fitur pembelian pulsa all operator, paket data, dan layanan pembelian-pembayaran kebutuhan rumah tangga seperti listrik (prabayar, pascabayar), PDAM, dan sejenisnya.

Salah satu aplikasi PPOB terpercaya dan recommended bagi yang ingin berjualan pulsa khususnya pemula yaitu Aplikasi Solusi Bayar.

Aplikasi Solusi Bayar memiliki sejumlah fitur pembelian pulsa mulai pulsa all operator dengan harga terbilang murah, paket data, hingga layanan pembayaran listrik, PDAM, BPJS, dan lainnya.

Mengisi saldo deposit pun bisa cukup dengan Rp 50 ribu saja. Saldo ini tak akan berkurang atau dipotong jika tidak digunakan oleh soluvers, istilah bagi pengguna aplikasi Solusi Bayar.

Malah, saldo di Solusi Bayar bisa bertambah jika soluvers menggunakannya bertransaksi seperti menjual atau membeli pulsa, membayar tagihan listrik atau PDAM.

Belum lagi jika soluvers membagikan link referral akun Solusi Bayar miliknya ke teman-teman dekatnya kemudian diunduh maka soluvers bersangkutan mendapatkan bonus referral yang akan menambah saldo akun Solusi Bayar miliknya.

6. Sedikit Untung dululah

Bisnis pulsa adalah usaha yang begitu pasaran. Otomatis ada begitu banyak pilihan tempat bagi konsumen atau calon pembeli untuk membeli kebutuhannya.

Pasalnya, ada tipe konsumen yang membeli berdasarkan harga yang murah meskipun hanya selisih Rp 500 saja.

Tak heran bila ada kios pulsa yang kurang laris karena mungkin terlalu menaikkan harga untuk meraih keuntungan sedangkan banyak kios pulsa lainnya memasang harga standard atau lebih murah.

Jadi baiknya sebagai pemula dalam menjalankan bisnis pulsa rumahan atau skala kecil, jangan tergoda atau berambisi untuk cepat mengumpulkan keuntungan sebesar-besarnya.

Walaupun untung sedikit namun laris tentunya jauh lebih bagus dibanding mengejar untung banyak tetapi ditinggalkan konsumen atau pelanggan.

Boleh naik sedikit untuk meraup untung, namun sesuaikan dengan layanan dan kualitas usahanya. Pastikan layanan usaha pulsa Anda memiliki kelebihan dibanding lainnya sehingga konsumen mengerti dengan harga produk yang Anda jual.

Pendapatan Jualan Pulsa

Keuntungan berjualan pulsa itu terletak pada jumlah transaksi dengan asumsi keuntungan Rp 1.500 per transaksi.

Meskipun dalam transaksi, ada produk yang memberi selisih keuntungan berkisar Rp 500 hingga Rp 2.000 per transaksi, namun agar gampang baiknya diasumsikan saja keuntungan Rp 1.500 per transaksi bila ingin menghitung keuntungan akhir (bulan).

Misalnya, modal deposit Rp 50.000 ribu maka cukup untuk 5 kali transaksi saja untuk pulsa 10 ribu. Bila demikian maka selisih keuntungan total sebesar Rp 7.500,-.

Namun, bila menjual pulsa 5 ribu maka modal deposit Rp 50.000 tadi bisa digunakan hingga 10 kali transaksi. Maka keuntungannya mencapai Rp 10.000.

Itu jika dalam sehari. Bagaimana kalau dalam sebulan ?

Bila setiap hari saja bisa melakukan transaksi hingga 10 kali untuk penjualan pulsa 5 ribu maka cukup dikali 30 hari saja maka keuntungannya sebesar Rp 300.000 sebulan.

Jadi itu hanya contoh saja, tentunya keuntungan jualan pulsa bisa lebih besar bila jumlah transaksi lebih banyak dalam sehari. Belum lagi, bila anda melayani transaksi pembelian pulsa / token listrik prabayar, dan lain-lain.

Demikianlah tips dan info sederhana untuk pemula yang ingin melakoni usaha jualan pulsa di perumahan atau di desanya.

Semoga bermanfaat dan segala usaha yang dijalani bisa memberi keberkahan dan hasil yang melimpah yaa soluvers!

Nah, jika tertarik memiliki peluang usaha PPOB melalui aplikasi Solusi Bayar ini, Anda bisa mendownload aplikasinya di google store atau cukup mengklik tautan ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.solusibayar.app&referrer=SB288 .(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *