Pesta Adat Sinjai ‘Marimpa Salo’ Kini Bersertifikat sebagai Kekayaan Intelektual Komunal

  • Whatsapp
Kemenkumham Sulsel) memberikan sertifikat pencatatan inventarisasi Sinjai untuk pesta adat ‘Marimpa Salo’ sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK)

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Sulsel (Kanwil Kemenkumham Sulsel) memberikan sertifikat pencatatan inventarisasi Sinjai untuk pesta adat ‘Marimpa Salo’ sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK).

Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Itjen Kekayaan Intelektual, Kemenkumham, Dr. Syarifuddin, didampingi Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto, kepada Bupati Sinjai yang diwakili Wakil Bupati A Kartini Ottong, di Hotel Gammara Makassar, Selasa (20/4/2021).

Bacaan Lainnya

Turut mendampingi Kepala Disparbud Sinjai Drs Yuhadi Samad. Kekayaan intelektual komunal yang didaftarkan ke Kemenkumham RI untuk Kabupaten Sinjai masing-masing ekspresi budaya tradisional dan pengetahuan tradisional.

“Syukur alhamdulillah Kabupaten Sinjai satu-satunya kabupaten di Sulsel yang paling banyak di terima usulan kekayaan intelektual komunalnya setelah Kabupaten Pangkep,” katanya.

Selain mendapatkan sertifikat untuk pesta adat ‘Marimpa Salo’, Pemkab Sinjai mengajukan 17 item KIK dimana 14 diantaranya berhasil dicatat di Kemenkumham RI dalam rangka perlindungan ekspresi budaya tradisional (EBT) berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *