VIDEO : Jalan-jalan di Rumah Pohon Pustaka Gareccing di Sinjai Selatan

  • Whatsapp
Wisatawan asing asal Austria mengobrol di atas Rumah Pohon Pustaka Gareccing di Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, beberapa waktu lalu.

SINJAI, SOLUSINEWS.ID – Pandemi Covid-19 yang berdampak pada ciutnya sejumlah aktivitas usaha perekonomian masyarakat tak menyurutkan ide dan inspirasi pemuda warga Desa Gareccing ini yang tinggal di Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Seperti yang dilakukan seorang tokoh pemuda di Dusun Honto, Desa Gareccing, Sinjai Selatan, Syamsul Bahri yang akrab disapa Samba. Untuk mengisi waktu legang di masa pandemi sejak Maret 2020 lalu, ia bersama warga di kampungnya membuat rumah pohon pustaka.

Bacaan Lainnya

Rumah pohon pustaka itu dibangun di halaman rumah keluarganya dengan pemandangan hamparan lahan persawahan di lokasi tersebut.

Sebuah pohon di halaman rumah keluarganya dijadikan properti untuk bangunan rumah pohon dengan ketinggian sekitar 7 meter. Tangganya dibuat dari susunan bambu yang kokoh dan dicat plitur.

Jadilah sebuah destinasi wisata dan spot swafoto yang instagramable dari rumah pohon tersebut yang kemudian menarik perhatian warga dan kalangan milenial kemudian berkunjung ke rumah pohon tersebut.

Samba mengaku, rumah pohon yang dibangun bersama keluarganya itu mulai ramai dikunjungi masyarakat umum dari luar desanya pada bulan Agustus 2020.

Bantuan buku-buku bacaan sebagai bahan pustaka di ruah pohon pun mengalir dari sejumlah donatur dan pengunjung.

Komunitas sosial menggelar kegiatan di halaman destinasi rumah pohon pustaka Gareccing di Kabupaten Sinjai (facebook)

Bahkan, rumah pohon pustaka tersebut sering dimanfaatkan oleh kalangan komunitas maupun organisasi kepemudaan menggelar diskusi dan kegiatan edukasi lainnya.

Buku-buku bacaan tersedia di sebuah gazebo bambu di bawah rumah pohon. Sambil membaca buku atau mencuci mata di atas rumah pohon, pengunjung menikmati kopi dengan gula merah alami, teh, maupun makanan ringan yang tersedia di tempat ini.

Rumah Pohon Pustaka Gareccing ini terletak sekitar 25 kilometer dari Ibu kota Kabupaten Sinjai. Dari pusat kota Sinjai hanya membutuhkan waktu tempuh berkendara sekitar 30 menit saja.

Sementara jarak dari pusat kota Kabupaten Bulukumba sekitar 45 kilometer yang bisa ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar 1 jam saja.

Pengunjung yang ingin naik ke rumah pohon hanya cukup menyumbang Rp 5000 per orang dan anak-anak usia SD hanya dikenakan tarif Rp 3.000 per orang.

Bersantai di gazebo destinasi Rumah Pohon Pustaka Gareccing, Kabupaten Sinjai

Sumbangan dari pengunjung tersebut digunakan oleh pengelola rumah pohon untuk kegiatan operasional maupun perawatan destinasi dan pengadaan bahan pustaka.

Waktu terbaik berkunjung ke destinasi rumah pohon pustaka di Gareccing ini yaitu pada pagi atau sore hari saat cuaca cerah atau tak hujan.

Selain itu, saat tanaman padi telah dewasa atau sebelum dipanen agar mendapatkan view panorama persawahan yang indah. Apalagi, di sisi lain rumah pohon terdapat latar pemandangan pegunungan Lompo Battang yang bisa jadi latar foto yang menarik.

Simak yuk videonya di bawah ini:

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *