Petani Buah Naga di Sinjai Terima Bantuan Lampu Ultraviolet dari PLN Sulselrabar

  • Whatsapp
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menyerahkan bantuan pemberdayaan pengembangan eduwisata petani buah naga di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Kamis (25/2/2021)

SINJAI, LINISIAR.ID – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menyerahkan bantuan pemberdayaan pengembangan eduwisata petani buah naga di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Kamis (25/2/2021).

Bantuan yang berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) Unit Induk Wilayah (UIW) PLN Sulselrabar itu diberikan kepada salah satu petani buah naga setempat, Lukman.

Bacaan Lainnya

Penyerahan bantuan CSR ini disaksikan General Manager (GM) UIW PLN Sulselrabar, Awaluddin Hafid, dan masyarakat setempat.

Awaluddin Hafid mengatakan saat ini PLN terus mendorong di berbagai hal agar listrik tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat.

Seperti yang dilakukan saat ini yang merupakan bagian dari program PLN untuk memodernisasi para petani yang dikemas dalam satu bentuk program eduwisata yakni pemberian bantuan penerangan lampu ultraviolet.

Tujuannya kata dia, untuk melakukan manipulasi dalam proses biologi untuk menghasilkan produktifitas yang jauh lebih meningkat serta memperpendek durasi masa panen buah naga.

“Jadi PLN hadir memberikan contoh bahwa dengan kita melakukan satu manipulasi dalam proses biologi maka kita bisa menghasilkan produksi buah naga yang lebih banyak untuk lahan yang sama dan waktu panen yang lebih singkat”, ujarnya.

Di kebun buah naga tersebut, PLN telah memasang 500 titik lampu ultraviolet 19 Volt dengan tegangan 2×5.500 watt.

“Apa yang kita lihat sekarang ini adalah bentuk-bentuk nyata kehadiran PLN. Kita menginginkan petani-petani kita meningkat kapasitas produksinya. Oleh karena itu tidak ada pilihan lain bahwa petani kita harus modern,” katanya.

Sementara itu, Bupati ASA menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergitas yang terjalin selama ini antara Pemkab Sinjai dan PLN.

Melalui manipulasi proses biologi dengan sinar ultraviolet ini bisa menjadi percontohan bagi petani buah naga yang ada di Kabupaten Sinjai, khususnya di Kecamatan Tellulimpoe, yang hasil produksinya kian meningkat.

“Mudah-mudahan kedepan masih banyak bantuan yang bisa diberikan kepada petani kita di Sinjai sehingga kesejahteraan petani buah naga di daerah ini bisa lebih meningkat dan hasilnya kian melimpah melalui pencahayaan ultraviolet ini,” harap ASA.

Penyerahan bantuan pemberdayaan pengembangan eduwisata petani buah naga ini turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Drs A Ilham Abubakar.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, Yuhadi Samad, Kadis PUPR, Andi Taufiq, Camat Tellulimpoe, Andi Saoraja Arie Lesmana, dan Kepala Desa Sukamaju.(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *