Guru SMP 2 Sengkang Ukir Prestasi sebagai Duta Guru Literasi Nasional

  • Whatsapp
Guru SMP Negeri 2 Sengkang, Kabupaten Wajo, Negara Mangkubumi K, S.Pd., M.Pd, meraih prestasi sebagai Duta Guru Literasi Nasional Tahun 2020

SENGKANG, SOLUSINEWS.ID – Guru mata pelajaran Matematika pada SMP Negeri 2 Sengkang, Kabupaten Wajo, Negara Mangkubumi K, menjadi satu-satunya wakil Sulawesi Selatan yang masuk 25 nominator Teacher Literacy Award Tahun 2020.

Ajang ini digelar oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) sebagai pusat pengembangan literasi nasional bersama Pallawa Research Institute menyelenggarakan program Teacher Literacy Award 2020.

Bacaan Lainnya

Program ini bertujuan memberikan apresiasi tertinggi bagi para pendidik Indonesia yang selama ini telah berjuang di garis terdepan dalam memajukan budaya literasi para pelajar.

Negara Mangkubumi mengungkapkan proses seleksinya cukup panjang. Dimulai dengan proses pendaftaran di media sosial GMBI pada 5 – 30 September 2020.

Ketentuan mengikuti program ini yaitu ; (1) Pendaftar merupakan kepala sekolah atau guru yang mengajar di jenjang SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA di seluruh Indonesia.

(2) Berkewarganegaraan Indonesia dan berstatus sebagai guru aktif, tanpa batasan usia, (3) Memiliki program pengembangan literasi di sekolah tempat mengajar,

(4) Mengisi formulir pendaftaran dan informasi program literasi yang dijalankan, (5) Bersedia mengikuti tahapan penilaian, dan (6) Bersedia diwawancarai, diliput, dan mengirimkan dokumentasi.

“Pada tahapan ini saya menceritakan tentang program literasi yang telah dikembangkan di sekolah yakni Teras Mini Bebi (Literasi Model Klinik Berbasis Informasi Teknologi) dan mengirimkan dokumentasi pendukungnya,” tutur Negara Mangkubumi, Rabu (31/3/2021).

Pada pengumuman 25 nominator Teacher Literacy Award tanggal 28 Oktober 2020, nominator terpilih diminta mengirimkan dua kategori karya berupa 1 judul artikel / 1 judul cerpen / 3 judul puisi / 3 judul pantun (memilih salah satu) dengan tema bebas.

Serta membuat video presentasi/cerita pengalaman dalam memajukan pendidikan literasi di Indonesia sebagai pertimbangan seleksi tahap akhir untuk memilih tiga juara Teacher Literacy  Award pada gelaran Festival Literasi Nasional 2021.

Akhir dari rangkaian Program Teacher Literacy Award tepatnya pada puncak Festival Literasi Nasional 2021 yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom pada tanggal 21-23 Maret 2021.

Gelaran festival literasi nasional  tersebut dihadiri para tokoh peduli literasi diantaranya Najwa Shihab, pendiri Narasi, Bukik Setyawan.

Pendiri Komunitas Guru Belajar Nusantara, Jaringan Sekolah Madrasah Belajar, berbagai tokoh, dan penggerak literasin lainnya.

Di hari acara Festival Literasi Nasional pada 22 Maret 2021 diumumkan nominasinya.

Dan nama Negara Mangkubumi K, S.Pd., M.Pd, keluar sebagai sebagai juara pertama Teacher Literacy Award dan dianugrahkan sebagai Duta Guru Literasi Nasional Tahun 2020.

Nominasi dan juara dapat dilihat pada tautan https://festivalliterasinasional.com/juara-dan-nominee-teacher-literacy-award-2020.

Dengan prestasi itu, Negara Mangkubumi menyampaikan terimakasih atas dukungan dan doa dari keluarganya.

Juga kepada Kepala SMP 2 Sengkang, Najmiah S.Pd, M.Pd, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo, Drs Faisal, beserta jajarannya.

“Serta kepada seluruh pihak yang senantiasa memberikan dukungan moril dan motivasi kepada saya,” tutur Negara mangkubumi.

Menurutnya, pencapaian ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, tidak hanya bagi dirinya tapi juga bagi daerah di tingkat nasional.

Penganugerahan sebagai Duta Guru Literasi Nasional, tambahnya, akan menjadi tanggung jawab besar untuk menjadi penggerak dan pelopor literasi di daerah.

Dengan menebar semangat inovasi berkarya dan menginspirasi baik di lingkungan sekolah, pendidik, maupun masyarakat agar literasi semakin menggema dan membudaya.

“Teruslah mengobarkan semangat untuk menginspirasi dan berinovasi karena yakinlah bahwa setiap lahirnya karya dikuti jalan takdirnya masing-masing,” pesannya.(*).

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *