Pemerintah Akan Naikkan Tarif Listrik Rp 18 .000 hingga Rp 100 Ribu Per Bulan, Kapan ?

  • Whatsapp
Ilustrasi Tarif Listrik Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

SOLUSINEWS.ID – Pemerintah Indonesia berencana menaikkan tarif listrik bagi sejumlah golongan pelanggan PLN.

Kenaikan itu berkisar Rp 18 ribu hingga Rp 100 ribu per pelanggan. Lalu kapan kenaikan tarif baru tersebut diberlakukan ?

Bacaan Lainnya

Berdasarkan rapat antara Kementerian ESDM dan DPR RI pada awal April 2021, terungkap pemerintah akan mengubah skema penghitungan harga listrik mengikuti tarif keekonomian.

Disadur dari cnbcindonesia.com, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan pemerintah akan menyesuaikan tarif adjustment.

Skema tarif adjustment itu nantinya diperkirakan kenaikan tarif listrik mulai dari Rp 18 ribu hingga Rp 101 ribu per bulan sesuai golongan pelanggan.

Disebutkan saat ini PLN memiliki 38 golongan pelanggan dimana 25 golongan mendapat subsidi dan 13 golongan atau 41 juta pelanggan tidak mendapat subsidi.

Golongan tersebut yang selama ini tarif listriknya tidak diubah sehingga pemerintah menilai harus dikompensasi saat terjadi perubahan kurs, harga Indonesian Crude Price (ICP), dan inflasi.

Bila skema tarif baru PLN itu diubah maka disebutkan Rida kenaikannya berkisar Rp 18 ribu per bulan untuk pelanggan daya 900 VA.

Rp 10.800 per bulan untuk pelanggan daya 1.300 VA, Rp 31.000 per bulan untuk pelanggan daya R2/2.200 VA, dan Rp 101 ribu per bulan untuk pelanggan daya R3/1.300 VA.

Saat ini, pemerintah belum menetapkan kapan skema harga itu ditetapkan. Namun, Rida berharap pemerintah bisa segera memberlakukannya pada tahun 2022.

Ia juga belum mengetahui persis apakah skema harga atau tarif baru PLN itu akan diberlakukan serentak atau beberapa golongan pelanggan saja.(*)

solusibayar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *